+ 2 +

Salam P&GA,

Tanpa terasa tahun 2008 akan kita lewati dan dalam hitungan hari lagi kita akan memasuki tahun 2009. Banyak kejutan yang membuat kita terkesima di tahun 2008 ini, mulai dari runtuhnya perusahaan properti di Amerika, melambungnya harga minyak mentah dunia hingga $100/barel hingga runtuhnya Lembaga Finansial terbesar Amerika belum lagi banyak bencana alam yang kita alami. Ini semua seakan mengingatkan kita bahwa kedepannya persaingan yang dihadapi akan lebih kompetitif dan di tuntut untuk lebih profesional lagi, di samping adanya tambahan efisiensi. Memang hal yang manusiawi bila kita dibayang-bayangi ketakutan dan kebimbangan melihat kondisi sekarang ini, akan tetapi haruskah kita terus dibayang-bayangi perasaan tersebut? Ya, benar. Kita harus bangkit dan terus berusaha. Presiden Amerika ke-7 yaitu Andrew Jackson mengatakan :

”bahwa musuh yang paling berbahaya di atas dunia ini adalah ketakutan dan kebimbangan, sedangkan teman yang paling setia adalah keberanian dan keyakinan yang teguh”


Perlu suatu tindakan nyata agar apa yang kita yakini dapat diwujudkan. Ada beberapa hal yang menurut penulis perlu di perhatikan dalam menghadapi situasi seperti sekarang ini yaitu :

1. Memulainya dengan berpikiran Positif
Dengan berpikiran positif kita dapat melihat segala masalah dari sisi positif dan denganbegitu kita dapat melihat serta menemukan solusi dari masalah tersebut, akan tetapi sebaliknya bila kita memformat pikiran kita dengan pikiran negatif maka yang terjadi adalah permasalahan baru dan bukannya menyelesaikan masalah, dikarenakan yang dilihat adalah sisi negatif dari permasalahan tersebut

2. Open minded
Merupakan suatu cara bagaimana kita membuka diri terhadap segala hal yang baru tanpa membuat sekat-sekat dalam pikiran, tetapi tetap dilandasi norma dan keyakinan yang dianut agar kita pun tidak salah kaprah dalam menerima pemikiranpemikiran baru tersebut. Dengan pembaharuan tersebut diharapkan tercipta inovasiinovasi baru.

3. Perluas Relasi/ Jaringan
Berusahalah untuk memperbanyak relasi tanpa dibatasi oleh pekerjaan, kekayaan ataupun status orang tersebut karena seperti perumpamaan kendi retak dimana ketika seorang yang membawa 2 buah kendi yang salah satunya retak tetapi tetap dipakai oleh pembawa kendi tersebut selidik punya selidik, ternyata dengan menetesnya air dari kendi yang retak tersebut banyaktanaman yang tersirami sehingga tanaman tersebut dapat mengeluarkan bunga yang indah dan bunga-bunga tersebut dapat menghiasi ruang tamunya dengan bunga yang indah tersebut.

Dari perumpamaan diatas dapat di ambil kesimpulan bahwa setiap orang memiliki potensi, sekecil apapun potensi tersebut pastinya dapat berguna. Akan tetapi hal tersebut tidak dapat ditemukan tanpa adanya Interaksi sebelumnya

4. Rajin Membaca
Andrias Harefa mengatakan dalam bukunya Mutiara Pembelajar bahwa hakekat penciptaan manusia adalah belajar untuk menjadi diri sendiri agar lebih manusiawi. Salah satu caranya adalah membaca. Mungkin hal ini yang agak mudah-mudah sulit karena terkadang kegiatan yang satu ini membutuhkan satu tindakan dan kerajinankita dalam mencari referensi yang tepat karena dengan membaca, wacana kita akan bertambah.

5. Manajemen dan Maintenance
Covey dalam bukunya 7 Habits meng-ilhami kita untuk dapat mengatur dan memaintenance segala hal dalam pekerjaan kita agar apa yang direncanakan berjalan sesuai dengan yang diinginkan dan yang terakhir adalah

6. Mengakhiri dengan Berpikir Positif
Mengakhiri dengan berpikir positif adalah bagaimana kita dapat mengevaluasi hasil akhir dengan pemikiran positif dan tetap berhikmat bahwa kita adalah manusia yang hanya merencanakan dan tetap berserah pada-Nya untuk setiap hasil yang dicapai. Akhir kata tetaplah yakin dan beranilah untuk memulai sesuatu yang baru agar tercipta inovasi-inovasi segar serta menyerahkan hasil akhir pada-Nya.
by : Astalavista (LP)

0 comments:

Post a Comment