Tahun Baru Jiwa Baru

Yippieee …. Tahun Baru, Jiwa Baru ..!!

Benar tidak sih kalau dimana pergantian tahun itu membuat jiwa kita menjadi baru juga?? Jawaban sebenarnya ada di diri kita sendiri, karena semuanya kembali kepada masingmasing individu bagaimana dia melihat dirinya ditahun sebelumnya dan kemauan untuk merubah dirinya menjadi yang lebih baru lagi di tahun selanjutnya.

Pada saat memasuki tahun baru biasanya kita penuhi diri kita dengan berbagai resolusi-resolusi, dari yang sederhana sampai resolusi yang terkadang kita sendiri tidak yakin dapat memenuhinya. Ada satu hal yang sangat simple dapat kita masukkan ke dalam resolusi kita di setiap awal tahun. Satu kata yang sangat simple dan mudah sekali hadir disetiap aktivitas kita namun kata itu sangat mempengaruhi kehidupan kita yaitu “Mengeluh”. Tanpa sadar sering kita mengucapkan “aduuuuh” saat ingin memulai beraktivitas, coba kita telaah kembali berapa kali dalam sehari kita mengucapkan kata tersebut? Semakin banyak kata tersebut diucapkan, maka semakin sering kita mengeluhkan keadaan kita yang sebenarnya.

SEBELUM KITA MENGELUH...........

  1. Hari ini sebelum kita mengatakan kata-kata yang tidak baik, pikirkan tentang seseorang yang tidak dapat berbicara sama sekali.
  2. Sebelum kita mengeluhkan tentang rasa dari makanan, pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan.
  3. Sebelum kita mengeluh tidak punya apaapa, pikirkan tentang seseorang yang meminta minta di jalanan.
  4. Sebelum kita mengeluh bahwa kita buruk, pikirkan tentang seseorang yang berada pada tingkat yang terburuk di dalam hidupnya.
  5. Sebelum kita mengeluh tentang suami atau istri, pikirkan tentang seseorang yang memohon kepada Tuhan untuk diberikan teman hidup.
  6. Hari ini sebelum kita mengeluh tentang hidupmu, pikirkan tentang seseorang yang meninggal terlalu cepat.
  7. Sebelum kita mengeluh tentang anak-anak kita, pikirkan tentang seseorang yang sangat ingin mempunyai anak tetapi dirinya mandul.
  8. Sebelum kita mengeluh tentang rumahmu yang kotor karena pembantumu tidak mengerjakan tugasnya, pikirkan tentang orang-orang yang tinggal dijalanan.
  9. Sebelum kita mengeluh tentang jauhnya kita telah menyetir, pikirkan tentang seseorang yang menempuh jarak yang sama dengan berjalan kaki.
  10. Dan disaat kita lelah dan mengeluh tentang pekerjaanmu, pikirkan tentang pengangguran, orangorang cacat yang berharap mereka mempunyai pekerjaan seperti kita.
  11. Sebelum kita menunjukkan jari dan menyalahkan orang lain, ingatlah bahwa tidak ada seorang pun yang tidak berdosa.

Mulailah dari sekarang sebisa mungkin kita hindari mengeluhkan diri kita dengan keadaan yang sudah kita punya, karena dari setiap yang kita alami, setiap yang kita dapat pasti semuanya memiliki hikmahnya.

Ayoo jalani hari-hari kita tanpa mengeluh !!!

By : Ratna Ambarwati

0 comments:

Post a Comment